Wali Kota Bersama Investor Meninjau Langsung TPA Tanjung Pinggir

Wali Kota bersama Investor meninjau langsung TPA Tanjung Pinggir dan lokasi pembangunan pabrik pengelolaan sampah, Senin (17/7/2023) siang.

topmetro.news – Wali Kota bersama Investor meninjau langsung TPA Tanjung Pinggir dan lokasi pembangunan pabrik pengelolaan sampah, Senin (17/7/2023) siang.

Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar di bawah kepemimpinan dr Susanti Dewayani SpA diyakini akan bisa mengatasi masalah sampah di kota ini. Tak lama lagi, dr Susanti akan melakukan kerjasama dengan investor Pensutra Alliance Berhad Malaysia.

Investor yang tergabung dalam Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) tersebut akan membangun Pabrik Pengelolaan Sampah di kawasan TPA Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba.

dr Susanti dan sejumlah pimpinan OPD Pemko Pematang Siantar pun mengajak investor meninjau langsung TPA Tanjung Pinggir dan lokasi pembangunan pabrik pengelolaan sampah, Senin (17/7/2023).

Di sela-sela peninjauan, dr Susanti mengatakan peninjauan lokasi ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan pengusaha dari Perhimpunan INTU dalam pengembangan Smart City (Kota Cerdas) beberapa waktu lalu.

“Kita juga membicarakan tentang pengelolaan sampah di Kota Pematang Siantar. Ini bentuk tindak lanjut Pemko Pematang Siantar dan investor sangat semangat mengatasi masalah sampah di Pematang Siantar,” sebut wali kota perempuan pertama di Pematang Siantar ini.

Menurut Wali Kota, sampah menjadi masalah besar dan merupakan tanggung jawab bersama. Bagaimana sampah dapat dipergunakan dan diolah menjadi bahan yang berguna.

“Pemko Pematang Siantar sangat mendukung. Agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan dinas terkait menindaklanjutinya semaksimal mungkin,” sebut dr Susanti.

Investasi Teknologi

Sementara itu, perwakilan investor Tomi Wistan beserta tim dari Perhimpunan INTI menyampaikan, Pensutra akan menginvestasi peralatan dan teknologi pengolahan sampah di TPA dengan mengolah sampah menjadi Raw Material (bahan baku yang menjadi komponen utama dalam bidang industri manufaktur).

Tomi menambahkan, industri sejenis sudah berjalan dan telah beroperasi di Penang dan Bangkok. ” Nanti jika ada kesempatan bisa kita kunjungi” sebutnya.

Pada kesempatan ini, Wali Kota melakukan Video Call dengan Pensutra Alliance Berhad Malaysia, Dato’ Seri Abdul Rahman Maidin. Wali Kota berharap agar tindak lanjut dari kerjasama ini dilaksanakan secepat mungkin.

Selain meninjau TPA, dr Susanti dan investor bersama pimpinan OPD terkait mengunjungi lokasi pabrik pengelolaan sampah. Kepada seluruh OPD yang hadir, dr Susanti menegaskan untuk bergerak cepat dan mengambil porsi masing-masing.

“Pastinya kita dari Pemko Pematang Siantar sangat semangat. Sehingga mari kita saling bersinergi dan saling mendorong. Sehingga pabrik pengelolaan sampah ini dapat segera terealisasi,” ajak dr Susanti.

Turut hadir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dedy Tunasto Setiawan, Plt Kadis PUPR Junaedi Sitanggang SSTP MSi. Kemudian sejumlah pimpinan OPD lainnya, para Kabag, serta Camat Siantar Martoba Irfan.

penulis | Agustian Tarigan

Related posts

Leave a Comment